Setelah resmi dilantik pada hari Rabu tanggal 9 Januari 2019 oleh Bupati Magelang di Pendopo drh Soepardi Mungkid secara sah Bapak Muh Thoifur CHZ menjadi Kepala Desa Bondowoso masa bakti Tahun 2020 hingga 2026.Beliau adalah salah satu dari 5 kontestan pada pemilihan kepala Desa Tahun 2019 yang berlangsung pada hari Minggu tanggal 24 Nopember 2019. Dari ke 5 calon Kepala Desa yaitu : Muslich Spd.I, Rokyat, Agus Romadhon, Hadiyatno S.ST dan Muh Thoifur CHZ.

Sebagai tindak lanjut dari dilantiknya Bapak Muh Thoifur maka Pemerintah Desa Bondowoso mengadakan acara Lepas Sambut Kepala Desa lama yaitu Bpk Agus Romadhon kepada Bpk Muh Thoifur CHZ.Acara sederhana ini di hadiri oleh perwakilan dari Kecamatan Mertoyudan, Bapak Kapolsek Mertoyudan, Bapak Danramil Mertoyudan, BPD selaku penyelenggara Pilkades, Panitia Pilkades dan beberapa tokoh masyarakat, tokoh agama, lembaga desa dan tidak ketinggalan pula dari kaum wanita (TPPKK).Dalam kesempatan ini Kepala Desa lama (Agus Romadhon) menyampaikan sambutan-sambutannya diantaranya di akhir jabatannya menyampaikan beberapa kegiatan yang belum bisa terselesaikan untuk itu mohon kepada Kepala Desa yang baru untuk meneruskan kegiatan tersebut dan juga memohon maaf jika selama menjabat ada kekhilafan dan kesalahan yang sengaja atau tidak beliau mohon maaf.

Sambutan dari Kepala Desa yang baru dengan Visi Misi yang di rangkumnya ( Menjadikan Desa Bondowoso yang BALDATUN THOYIBUN WA ROBBUN GHOFUR ) mengajak kepada seluruh warga desa Bondowoso untuk bersama mewujudkan sejarah dalam masa jabatan yang akan datang dengan menggali potensi SDM yang ada. Memadukan ilmu teknologi dan peningkatan ketaqwaan kepada sang pencipta.

Diakhir acara prosesi serah terima dilaksanakan secara simbolis menyerahkan dokumen kegiatan yang tersisakan / belum bisa dilaksanakan dan menyerahkan stempel desa Bondowoso (mukmin reporter).