Bencana ataupun musibah bisa terjadi kapan saja .... ketika kita sedang melakukan aktifitas bekerja, belanja, tidur, dan yang lainnya. Bencana alam bersifat ringan ataupun berat dapat dialami oleh semua orang. Bagaimanakah kita bisa mensikapi, menghindari, ataupun cara untuk menyelamatkan diri dan menolong korban akibat dari bencana tersebut.

Pemerintah Desa Bondowoso bersama dengan jajaran Linmas Desa mengadakan Pelatihan Penguatan Kesiapsiagaan Masyarakat dalam menghadapi Bencana. Acara tersebut diadakan pada hari Sabtu tanggal 13 September 2018, bertempat di Pos Pemantau Gunung Merapi di Babadan Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang Jawa Tengah. Peserta dihadiri oleh 40 personil Linmas dan nara sumber yang didatangkan dari BPBD Kabupaten Magelang yang dalam hal ini dihadiri olah Bp Supranowo, Kasi Trantib Kecamatan Mertoyudan oleh Ibu Heni, Bhabinkamtibmas Desa Bondowoso beliau Budi Setia dan Babinsa Desa Bondowoso yakni Ahmad Fahrurozi.

Dalam kegiatan tersebut nara sumber memberikan pengetahuan tentang musibah bencana alam, dari jenisnya ataupun nama bencana , kemudian tindakan ketika sedang mengalami bencana alam, serta tindakan pasca atau setelah bencana berupa pertolongan pertama pada korban.

Peserta sangat antusias sekali dalam mengikuti pelatihan tersebut. Semoga peserta memperoleh manfaat setelah mengikuti pelatihan tersebut.