Sehat adalah idaman utama bagi semua orang...dan sangat berharga sekali bagi kita semua. Cara agar hidup lebih sehat salah satunya yaitu mengontrol jasmani dan rokhani kita. Dalam rangka mendukung Indonesia sehat Tahun 2019 Puskesmas Mertoyudan II memberikan sosialisasi kepada para kader kesehatan di desa Bondowoso dengan cara pengenalan PIS PK ( Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga ). Sasaran program Indonesia Sehat adalah meningkatnya derajat kesehatan dan pemberdayaan masyarakat didukung dengan perlindungan financial dan pemerataan pelayanan kesehatan

PIS PK mempunyai peranan penting secara langsung kepada masyarakat, dikarenakan pemeriksaan kesehatan dilakukan tiap - tiap kampung/dusun dan tiap orang / individu sehingga kesehatan lebih merata. Diawal nopember 2018 Desa Bondowoso dibantu oleh para kader kesehatan desa melakukan kegiatan PIS PK masing - masing kampung/dusun.

PIS PK merupakan prioritas pembangunan kesehatan pada periode 2015 - 2019 dan sebagai tindak lanjut dari Permenkes No. 39 Tahun 2016 tentang pedoman Penyelenggaraan PIS PK dengan indikator keluarga sehat meliputi :

1. Keluarga mengikuti Program Keluarga Berencana

2. Ibu melakukan persalinan di fasilitas Kesehatan

3. Bayi mendapat imunisasi dasar lengkap

4. Bayi mendapat ASI eklusif

5. Balita mendapatkan pemantauan pertumbuhan

6. Penderita TBC mendapatkan pengbatan sesuai standar

7. Penderita hipertensi melakukan pengobatan secara teratur.

8. Penderita gangguan jiwa mendapatkan pengobatan dan tidak ditelantarkan

9. Anggota keluarga tidak ada yang merokok.

10. Keluarga sudah menjadi anggota JKN

11. Keluarga mempunyai akses sarana air bersih

12. Keluarga menggunakan jamban sehat.

Sebagai tindak lanjut kader kesehatan dalam hal ini kader poyandu Dusun Kledok telah memulai pelaksanaan program tersebut diatas pada hari minggu tanggal 4 nopember 2018. dengan cara konsultasi dari beberapa indikator diatas dan pemeriksaan tensi darah.